2015 dan Lelaki Penghibur


Sudah berjalan 9 hari di 2016. Tetapi, rasa dan bayang-bayang 2015 masih menari meminta untuk dilihat dan diberi tepukan. Ya. 2015 tidak bisa kututup begitu saja. Terlalu banyak tulisan yang menunggu untuk diperlihatkan.

Naik turun kehidupan. Jatuh bangun kenyataan sudah dilalui pada tahun itu. Proses mencari jati diri; mungkin bisa dikatakan seperti itu. Memutuskan sebuah keputusan yang sangat berat pun aku lakukan. Ingin berlari dari sebuah kegelisahan bukan suatu cerita baru.

Lelaki penghibur. Diriku menyebutnya. Ya.
Aku menjadi lelaki penghibur.

Setiap hari adalah proses. Rasa lelah selalu terkalahkan oleh keinginan yang diimpikan. Saat merasa lelah, selalu berpikir; aku melakukan ini semua untuk membahagiakan diri dan keluargaku. Jika tercapai, yang bahagia bukan hanya aku, melainkan juga keluargaku.

Menjadi lelaki penghibur tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Aku harus tetap menghibur walaupun diriku sendiri butuh hiburan. Lucu, bukan?

Seperti di saat almh. Eyangku terbaring di rumah sakit. Saat itu, sehabis menjenguk beliau, aku harus segara berlarian dengan waktu untuk menghibur orang banyak. Bukan hal yang mudah untukku. Pikiranku kacau. Tetapi, ini harus kulakukan karena ini profesiku. Apa aku akan menghibur dengan setengah hati? Tentu tidak. Lelaki penghibur sepertiku harus bisa membagi pikirannya. Di belakang panggung, aku boleh terlihat sedih. Namun di atas panggung, aku adalah tuan rumah. Seperti tuan rumah yang baik, aku harus menyuguhkan yang terbaik untuk tamu-tamuku.

Kalau kalian bilang munafik, tidak juga. Aku hanya melakukan apa yang harus aku kerjakan.

Memang, 2015 telah usai. Hanya angka yang berubah. Bukan impian dan harapan.

2016 telah berjalan. Pasti ada rintangan, namun terdapat keberanian dan harapan di ujung jalan.

Abiseka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s